Sering sekali
saya melihat terutama di tv-tv beberapa perusahaan menawarkan hadiah kepada
para customernya, mulai dari perusahaan makanan, sabun mandi, pasta gigi, susu,
perusahaan elektronik atau gadget dan lain sebagainya. Bahkan hadiah yang
ditawarkan ke customernya bukan main, uang mulai dari ratusan ribu hingga
jutaan rupiah, alat-alat rumah tanggah dengan harga ratusan ribu, alat-alat
digital dengan harga jutaan, bahkan hadiah motor hingga mobil. Total hadiah
hingga miliaran rupiah. Undian-undian semacam ini juga kerap kali terjadi di
super market besar, perbankan, perusahaan penerbangan dan banak sekali, banyak,
sangat banyak.
Yang saya lihat
dari hal ini adalah ini tidak hanya sekedar teori marketing untuk menarik minat
pembeli dan pelanggan agar semakin banyak yang membeli produknya, agar semakin
banyak yang menggunakan jasanya, agar semakin meningkat kepercayaan costumer
padanya, yang intinya untuk meningkatkan pendapatan dan laba perusahaan. Kalau
saya melihat, ini jelas artinya perusahaan tersebut telah mendapat laba yang
sangat besar, yang sangat banyak hingga ia membagikan hadiah ke costomernya
hingga total miliaran rupiah. Saya rasa anda juga harus setuju, kalau tidak
anggap saja setuju dengan saya. Hahaaa
Ya, ini artinya
perusahaan itu memiliki laba yang sangat besar bukan. Kenyataanya, didalam
perusahaan itu sendiri, para pekerjanya masih banyak yang mendapat gaji belum
UMR, banyak hak lembur mereka yang dipotong, tunjangan-tunjangan mereka yang
tidak diberikan atau mungkin dikurangi, yang itu semua artinya tenaga, waktu
dan pikiran yang diberikan para pekerjanya tidak sebanding dengan upah yang
diterima.
Tapi kalau kita
melihat dari luar, perusahaan itu sangat kaya, mendapat untung yang banyak.
Buktinya ia bisa memberi hadiah kepada costumernya hingga total miliaran
rupiah. Tapi kenyataannya pekerjanya belum mendapat upah yang semestinya, yang
seharusnya, banyak hak mereka yang dipotong. Apa seperti ini cara sebuah
perusahaan besar dengan laba yang banyak menghormati para pekerjanya.
Saran saya untuk
para bos, para pimpinan, para pemilik saham dan pemilik perusahaan, tidak usah
lah terlalu muluk-muluk mengadakan acara dengan mendatangkan artis papan atas
dengan bayaran selangit, tidak perlu juga mengeluarkan hadiah hingga miliaran
rupiah. Saya rasa sudah sangat banyak costumer anda, yang perlu anda lakukan
adalah memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik anda. Dan yang tidak kalah
penting adalah bukankah lebih bijak, lebih baik kiranya uang yang anda
hambur-hamburkan untuk hadiah itu, untuk acara dengan uforia megah itu jika
dananya dialokasikan untuk kesejahteraan para pekerja anda, beri sumabgan
langsung kepada yang membutuhkan, jangan sekali dua kali tapi sesering mungkin.
Mereka yang telah memberi banyak kontribusi bagi kemajuan persahaan anda, para
pekerja anda, sekiranya lebih pantas anda prioritaskan daripada costumer anda.
Banyak customer
anda yang tidak membutuhkan uang yang anda hadiahkan, bahkan mungkin bagi
customer anda uang yang anda beri dirasa sangat sedikit, smartphone yang anda
hadiahkan customer anda sudah punya 3 dirumahnya, tv, kulkas atau motor, mereka
juga tidak membutuhkannya karena sudah ada, sedang mobil yang anda hadiahkan
bisa jadi customer anda sudah memilikinya satu dirumahnya.
Jadi akan lebih
bijak jika dana tersebut tidak terlalu dihambur-haburkan sedang para pekerja
anda masih banyak yang membutuhkannya. Bukankah para pekerja anda yang telah
menghabiskan banyak hidupnya demi kemajuan perusahaan anda, bukankah para
pekerja anda yang bahkan rela pulang malam untuk menyelesaikan laporan
perusahaan anda. Lalu kenapa para customer anda yang mendapat hadianya.
0 komentar:
Post a Comment